Anda yang tinggal di beberapa kota besar tentu tahu, AC telah kembali bukanlah barang keperluan tambahan alias sekunder. Tetapi telah masuk ke keperluan khusus, seperti listrik dan air.Tipe AC yang dapat Anda pakai juga dapat disamakan dengan rumah Anda. Dapat ½ PK sampai 2 PK bergantung keperluan Anda. Tidak perlu cemas karena harga AC 1/2 PK tidak mahal, tetapi Anda harus teratur dan ulet dalam jaga AC supaya tahan lama dan tak perlu seringkali diperbarui.Agar AC di dalam rumah tidak cepat hancur, dan kebalikannya masih tetap tahan lama dari hari ke hari, berikut langkah menjaga AC yang dapat Anda kerjakan.

  1. Runtin Membersihkan Filter AC

Bila Anda rasakan udara yang keluar AC sudah tidak sedingin umumnya, karenanya menjadi pertanda AC di dalam rumah Anda kotor. Ini umumnya muncul karena permasalahan filter AC-nya yang kotor. Nach untuk menanganinya, Anda dapat bersihkan sisi filter AC ini.Bila Anda membersihkan sendiri, Anda tinggal buka sisi filternya. Yakni sisi yang direncanakan untuk dilepaskan dan terpasang secara mudah. Selanjutnya bersihkan sampai bersih dengan memakai air yang bersih dan sikat gigi sisa. Tetapi bila filternya terlalu kotor, akan lebih bagus bila filternya ditukar sama yang baru, yang sudah pasti sesuai mode AC di dalam rumah Anda.Namun bila cemas Anda justru akan menghancurkannya, akan lebih bagus bila Anda panggil jasa pencuci AC. Ingat, filter yang paling kotor itu akan merintangi saluran udara. Baik udara yang masuk, atau udara yang keluar AC. Bila ini didiamkan terus-terusan, AC di dalam rumah Anda bisa menjadi hancur.

  1. Rawat AC Secara Teratur

AC yang masih tetap bagus dari hari ke hari itu membutuhkan perawatan yang teratur. Tidak dapat cuman saat memiliki masalah saja. Untuk perawatan serta pemeliharaan AC ini, semakin lebih efisien bila dilaksanakan oleh yang pakar. Anda dapat panggil jasa servis AC terdekat, tidak cuma permasalahan filter saja, tapi juga perawatan dan pembersihan AC secara keseluruhan. Bahkan juga bila rumah Anda memakai AC split, mesin indoor dan outdoor-nya juga harus dibikin bersih.Baiknya, panggil jasa servis perawatan AC ini dilaksanakan minimum tiga bulan sekali. Dengan demikian karena itu kebersihan dan performa AC di dalam rumah Anda tetap terlihat.

  1. Memasangkan Termometer dalam Ruang

Memasangkan termometer akan membuat Anda selalu siaga dengan temperatur . Maka Anda akan mengawasi temperatur udara dari AC dan temperatur ruang.Bila terjadi ketidaksamaan, nanti Anda langsung akan tahu dan bertindak yang dibutuhkan. Pasti sesudah lebih dulu dilihat sisi yang mana jadi masalahnya.

  1. Selalu Tutup Pintu dan Beragam Jalan Masuk Udara dari Luar

AC akan bekerja efisien bila tidak ada udara tambahan di luar yang masuk. Karena bila ada, karena itu compressor AC rumah Anda lakukan kerja yang lebih extra. Jadi, AC ini akan gampang hancur.Jadi, yakinkan selalu untuk tutup pintu, jendela, sirkulasi udara, atau beragam jalan masuk udara di luar yang lain saat menghidupkan AC. Agar kerja AC dapat efisien dan tahan lama.

  1. Selalu Memeriksa Penekanan Freon

Freon sebagai bahan yang dipakai di saat membuat udara jadi dingin. Nach bila udara yang keluar AC tidak dingin, ada terjadi kemungkinan kebocoran freon, yang tanda-tandanya berbentuk berkurangnya penekanan freon.So, agar AC selalu bekerja yang baik, check dengan teratur penekanan freon. Misalkan saja tiap enam bulan sekali. Dan pasti, untuk ini harus dilaksanakan oleh orang yang pakar. Karena bila teridentifikasi kebocoran, akan selekasnya dilaksanakan tambahan penekanan freon.

  1. Selalu Gunakan Feature Timer

AC jaman saat ini telah banyak yang memakai feature timer. Nach agar efisien, Anda dapat memakai feature ini. Misalkan dengan mengeset waktu saat AC bekerja. Dari jam berapakah s/d jam berapakah.Selainnya agar dapat efisien, bisa juga irit listrik, dan menghindar peristiwa lupa mematikan AC saat tidak dibutuhkan.

  1. Tidak boleh Merokok di Ruang Ber-AC

Jangan sampai merokok di ruang yang memakai AC. Selain udara jadi berbau rokok karena asap rokok ini menjadi penyebab kerusakan AC. Ya, asap rokok akan membuat AC sisi dalamnya bisa lebih cepat kotor.Dari sisi bodi AC indoor-nya akan terlihat lebih dekil. Dan janganlah lupa, nikotin dari asap rokok akan terendap pada bagian evaporator. Jadi udara yang keluar AC justru akan membuat ruang jadi sesak dan udara juga kurang dingin.

  1. Pakai AC dengan Bijak

Menurut riset, lama waktu pemakaian AC yang bagus itu ialah 5 jam. Nach kemudian, AC harus dimatikan, agar dapat istirahat. Bila dipakai lebih dari 5 jam, karena itu rawatlah dengan extra. Yakni dengan memasangkan feature automatis, yakni satu feature yang dapat membuat AC stop sesaat dan lalu berpijar kembali secara automatis. Tapi apabila sudah tidak bisa digunakan