Mengirim dan terima paket dari Indonesia itu pasti sudah jadi hal yang biasa untuk Anda. Biasanya Anda hanya mempacking paket, ditimbang, seterusnya bayar ongkos kirim sesuai sama berat paket yang akan dikirimkan. Tapi bagaimana permasalahannya jika Anda menggunakan jasa pengiriman ke luar negeri? atau anda ingin kirim barang singapore ke indonesia? Berapa sih ongkir singapore ke indonesia

Apa Anda perlu mempacking paket seperti biasanya? Apa kelak mengirimi barang ke luar negeri hanya dikenakan ongkos ongkos kirim per-kilogram saja? bagaimana cara pengiriman barang ke luar negeri Semestinya sebelum Anda mengirimi paket, pelajari dulu bagaimana skema pengiriman barang ke luar negeri yang benar.

Sebenarnya ada 2 type proses pengiriman barang ke luar negeri. Ada yang menggunakan jalur melalui udara dan laut. Masing-masing jalur pengiriman ini punya keunggulan dan kekurangan sendiri.

Jika Anda ingin mengirimi paket yang penting dengan waktu tekan, karenanya tentukan servis ekspes dengan mode transportasi pesawat. Mengapa? Jasa pengiriman barang dengan mode pesawat bisa digunakan untuk mengirimi paket yang mudah. Anda bisa mengirimi barang yang bahkan beratnya kurang dari 1 kg.

Proses pengiriman barang ini lebih mudah. Waktunya bisa lebih cepat dibandingkan melalui laut. Karena setiap hari jasa pengiriman internasional bisa langsung mengirimi barangnya dengan pesawat tanpa perlu menunggu jumlah minimal. Tapi resikonya, Anda harus bayar ongkos kirim yang lumayan mahal.

Pengiriman barang melalui kapal ekspedisi adalah hal yang paling lumrah ditemukan di dunia internasional. Kapal ekspedisi bisa berisikan banyak barang dan bisa menempuh perjalanan jauh ke bermacam negara. Untuk sarana penyimpanan barang, Anda pasti tahu dengan media container. Satu perusahaan biasanya taruh barang kirimannya di container yang sama.

Nah, perusahaan ekspedisi internasional pun demikian. Anda bisa mengirimi paket dalam jumlah yang banyak dengan kapal ekspedisi ini. Ongkos kirim paket dengan kapal ekspedisi tambah murah dibandingkan dengan pesawat. Tapi ada batas minimal kubikasi yang bisa dikirimkan.

Jadi Anda tidak bisa mengirimi barang yang sedikit dengan kapal ekspedisi ini. Karena minimal volumenya harus 1 container. Nah, karenanya pihak ekspedisi biasanya akan mengumpulkan beberapa paket dengan arah yang sama lebih dulu. Jika volumenya sudah cukup buat pengiriman ekspedisi laut, karenanya beberapa paket itu baru dikirimkan.

Itu asalan mengapa pengiriman melalui laut yang disodori oleh jasa pengiriman ke luar negeri bisa makin lama dan proses lebih susah. Tapi Anda tetap harus bersabar, karena biaya kirimnya dapat lebih dicapai.

Sebagian besar orang pasti kuatir jika barang yang dikirimkan ke luar negeri tidak sampai ke penerimanya. Banyak yang kuatir terkait pajak masuk (bea cukai) barang kiriman itu. Lalu, apa sebenarnya mengirim barang ke luar negeri dikenai biaya pajak masuk? Ternyata, barang yang Anda kirim bisa saja terserang pajak atau tidak.

Ketentuan pajak masuk itu tergantung dengan ketetapan di negara arah Anda mengirim barang. Biasanya sebuah negara memiliki ketentuan lainnya terkait berapakah batas nilai sebuah barang masuk akan dikenai pajak bea cukai.